Minggu, 17 Juli 2011

First week @ Big Blue

Tadinya saya berniat menuliskan hari demi hari hari yang terjadi tapi karena waktu yang terbatas dan alasan tak terbatas lainnya maka akhirnya tulisan ini diharapkan keluar tiap minggu.

Kurang lebih 3 hari setelah keluar SKL (Surat Kelulusan) langsung ke jakarta dan bersiap buat program IBM Apprenticeship 2011. Iya, saat yang lain liburan dan melepas stress dan kegilaan setelah TA saya justru langsung ada "kerjaan" (damn, ngiri sama yang pada ke sawarna!!). Jumat 1 juli dateng ke the plaza kepagian, jam setengah 7, inilah nasib kalo numpang sama ortu, dapet kartu pengunjung. Dengan sotoynya nyebut lantai 15, IBM. Naek, keliling lantai dan krik-krik,sepi. Alhamdulillah ada semacem mushola jadi bisa duduk sambil baca-baca. 10 menit, 20 menit berlalu dan mencoba ke kamar mandi, ternyata harus pake kartu juga!! Dateng kepagian dan dapet kartu yang bahkan ngga bisa buka toilet, oke, saya akui memang bukan awal yg bagus. Panik, nyoba naik lift mau ke lantai satu dan ternyata.....harus pake kartu juga. Krik krik krik, mulai panik. -_-! Naik tangga darurat udah pasti "out of option" ngga perlu dijelasin lah, secara saya kebelet pipis dan itu LANTAI 15. Keliling,  masih panik.  Untungnya menjelang jam 7 ketemu manusia juga, ada janitor, langsung saya kejar (mungkin dia kaget berasa artis).

Gw : Mas, mas, mas, bisa minta tolong bukain WC? (nada melas dan tatap penuh harap)
Mas2nya : (sial, gw kira mau minta tanda tgn!) Oh,bisa mas.
Gw : (Alhamdulillah) Makasi mas,makasi.

Masa-masa menunggu kembali dimulai. Lalu menjelang setengah 8 ada keamanan dateng.

Keamanan : Mas mau kemana?
Gw : (Kok dia bisa tau gw di bangku musola yg agak masuk ya? Hum,mungkin di kamera aneh juga liat orang muterin ini lantai berkali2, masuk lift keluar lagi sambil goyang-goyang -> yaiyalah org gw kebelet pipis!!) Mau ke IBM pak, magang.
Keamanan : Oh, apprentice ya? Ngumpulnya bukan disini,di lantai 16.
Gw : Oh,gitu ya pak bukan disini? (pantes sepi kaya kuburan!!)
Keamanan : iya bukan, semua kegiatan nerima tamu di lantai 16,ayo ikut saya.

Naik dan ternyata udah rame. Hal pertama yg saya perrhatiin semua anak lain pake kemeja lengen panjang (damn,gw saltum!! Summary : kepagian, ngga bisa buka WC, salah lantai, salah kostum), dan hal itu juga disebutkan pas awal mulai "kita di I*M sih biasanya lebih prefer lengen panjang (iya pak saya saltum,ampun pak ampun).

ThinkPad
IBM ThinkPad

Setelah penjelasan dan beberapa kali foto-foto akhirnya ada peminjaman ThinkPad!! FYI,ThinkPad itu bukan semacem buku catetan atau notes gitu meskipun namanya mirip notepad, itu laptop yang pernah dibikin IBM dan sekarang yang produksi Lenovo and the most important things is IT IS MILITARY APPROVED!! Damn, saya pernah baca di kaskus (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3258625) agak lebay sih, tapi begitu liat orang2 pada ngangkat itu notebook dengan megang layarnya saya langsung mangap lah. Secara layar laptop saya ngga ngga diapa-apain bisa rusak (parah lah VAIO mahal cuma jual merek,kualitas sampah). Akhirnya sekarang pun saya ikut-ikutan bawa ini laptop seenak jidat.


Jatiluhur!!!

Hari kedua diisi dengan outbond dan ternyata ke waduk jatiluhur!! Setelah susah payah bangun dan keluar rumah dari jam setengah 5 akhirnya tau kita mau dibawa kemana. Ternyata sesi 1 kita cuma dimodalin  map, kompas dan instruksi kita harus kemana. Setelah dibagi 2 tim dan masing-masing tim terdiri dari 9 orang kita mulai menuju koordinat masing-masing. Ternyata oh ternyata kita harus ngedayung perahu nyebrang danau!! Pernah ngerasain nyebrang pake perahu yang pake motor dan cuma 5 menit nyebrang? Kalo ngedayung itu SEJAM!! Saat ngedayung gw baru ngeh kenapa orang dulu seneng banget pas pertama ditemuinnya mesin uap dan dipasang di kapal sampai sekarang jadi motor, sumpah, ngedayung itu cape BANGET. Selese ngedayung kita masih harus nyasar di tengah hutan, sekarang saya bener-bener tahu definisi anak hilang, lebih parahnya bukan hilang di kota, di HUTAN di pulau di tengah WADUK!! (WHAT THE WHAT!!). Setelah menembus hutan, kepleset disawah dan naik-naik batu besar akhirnya kami nemu checkpoint yang harus dituju. Alhamdulillah ketemu, kami udah sempet panik dan tereak-tereak ditengah hutan kaya monyet manggil kawanannya.
Setelah itu dilanjutin acara-acara games gitu yang kocak dan menantang. (kalimat klise akibat males nulis)

Empati, first thing first

Salah satu yang ditekankan pada salah satu materi adalah empati. Apapun yang mau dikatakan,apapun yang mau dilakukan, pertama selalu empati terhadap apa yang dikatakan oleh rekan bicara. Terkesan simpel? Well,tapi ternyata itu mampengaruhi saya dan merubah kebiasaan saya ketika berbicara sampai saat ini dan (semoga) di masa

mendatang. Selain itu adalah terima kasih karena setiap hal perlu usaha dan setiap usaha perlu kita hargai, sehingga kita harus selalu menghargai setiap orang dengan mengucapkan terima kasih seolah "Apapun perkataannya, akhirnya Terima kasih" (<- mau ngikutin iklan Teh B*t*l tapi kyanya maksa).

Selain hal-hal basic yang mungkin suka dilupakan seperti itu diajarkan juga tentang konsep smarter planet. Konsep yang dibawa sejak 2008 yang intinya menjadi segala hal dengan lebih "pintar" dengan menambahkan instrumen-instrumen yang tepat dan saling menghunbungkannya sehingga didapatkan sistem yang lebih "pintar" dalam mendukung setiap pengambilan keputusan yang akan kita lakukan.

Presentasi

Jadi  jadwal tiap hari jumat adalah presentasi. Presentasi apapun yang topiknya sudah ditetapkan, setim bisa 3 atau 4 orang. Saya merasa cukup beruntung dapet topik Natural Resources (Oil, Gas and Petrochemical) secara banyak dari jurusan saya yang memang mengincar kesitu dan saya pun sempat mengikuti beberapa kali seleksi dari beberapa perusahaan jenis itu. Cukup menantang sih, apalagi timnya terdiri dari orang dengan background yang beda-beda (matematik, teknik industri, elektro dan saya sendiri teknik fisika). Yang jelas saya mendapat banyak sekali pelajaran dari presentasi ini dan memang hobi saya presentasi.

Every single one of you is so damn good. Believe in yourself and you will amazed!! (Ivandeva)

Well, It was nice first week. Lets hope for the next week.

1 komentar:

maruplayground mengatakan...

wah, IBM ui ternyata si naren, keren keren. moga sukses ren di sana