Kamis, 16 Februari 2012

Happy Innovator Month

Banyak orang berkata bahwa Februari adalah bulan cinta karena ada hari valentine. Bahkan tempat-tempat perbelanjaan juga tidak mau ketinggalan dan menghiasi mall dengan berbagai pernak-pernik serba pink. Tapi bagi saya, Februari adalah bulan inovasi. Kenapa bulan inovasi? Well, itu karena salah satu penemu hebat dunia, Thomas Alva Edison lahir 165 tahun yang lalu tepatnya pada 11 Februari 1847. Tentunya hampir semua orang mengenalnya karena penemuannya yang luar biasa, bola lampu.

Thomas Alva Edison
Selain bola lampu, dia juga menemukan ratusan hal lain seperti mikrofon karbon untuk telepon dan juga perekam suara pertama. Dia juga merupakan pengusaha yang sukses. Mungkin dialah role technopreneur yang patut dicontoh. Dia menjual penemuannya dan sekaligus memproduksi alat-alat hasil temuannya. Dia menyempurnakan telepon, menjual mesin telegram bahkan menjadi penemu pertama yang memiliki pembangkit listrik di kota New York. Bahkan salah satu perusahaannya masih tetap berdiri hingga sekarang dan berumur lebih dari 130 tahun, yaitu General Electric, yang pada awalnya sempat bernama Edison General Electric.

Tidak hanya itu, buku diary milik Edison juga mengungkapkan pemikiran-pemikirannya mengenai alat unik yang dipandang dibutuhkan mendahului zamannya. Beberapa contohnya adalah piano elektrik, sutra buatan dan bahkan tinta untuk orang buta. Berikut beberapa daftar "To Do List" dari Edison.




Dan bagi yang merayakan valentine dan menjadikan Februari sebagai bulan kasih sayang. Tahukah kamu kalau adegan ciuman pertama di layar yang direkam merupakan hasil produksi dari  Edison's Black Maria studio di West Orange, New Jersey dan adegan tersebut diarahkan oleh Thomas Alva Edison.



I find out what the world needs. Then, I go ahead and invent it.
-Thomas A. Edison-
Happy Innovator Month ^__^

Tidak ada komentar: