Jumat, 03 Agustus 2012

Membuat Kuesioner di Google Docs

Kebetulan beberapa waktu lalu saya mencoba untuk memperbaharui database angkatan, masalah timbul ketika dibuat spreadsheet dan diminta untuk mengisi secara mandiri di google docs, yang ada malah guyonan dan saling mengisi data orang lain dengan data yang lucu-lucu. Bisa saja sih spreadsheetnya diganti hanya beberapa orang yang bisa mengisi tapi itu artinya ada orang yang harus repot mengisi ke dalam spreadsheet berulang kali toh. Untungnya, ternyata google docs juga mempunyai fitur untuk membuat kuesioner untuk mengambil data.

Google docs ini bisa juga dijadikan pilihan selain surveymonkey atau fitur kuesioner lain. Kelebihannya, karena berbasis akun google sehingga yang sudah punya akun google, tidak perlu membuat akun baru. Bagi beberapa orang itu sangat membantu karena jika perlu akun baru artinya kita harus mengingat password baru. Dan lagi, kita juga dapat menyertakan form isian ke dalam email, sehingga tidak perlu membuka tab baru di browser.

Berikut contoh pembuatannya

1. Buka pilihan form di google doc


2. Setelah itu kita sudah dapat memulai membuat kuesioner atau form isian data yang kita inginkan. Pada google docs terdapat beberapa pilihan pertanyaan yakni: Multiple choice, Scale, Checkbox, Text, Paragraph, Select from the list dan Grid. Selain itu kuta juga dapat menentukan apakah pertanyaan tersebut harus diisi atau berupa optional dengan mencentang tanda "make this required question" di bagian bawah setiap kali kita membuat pertanyaan.

Pada pertanyaan multiple choice, kita nantinya hanya dapat memilih satu jawaban dari pilihan yang ada.

Contoh pertanyaan Multiple Choice

Hasil akhir dari pertanyaan Multiple Choice

Beberapa kuesioner seringkali menanyakan skala dari 1 hingga sekian untuk mengetahui prioritas atau kecenderungan dalam penilaian seseorang. Untuk tujuan itu kita dapat membuat dengan pilihan "Scale" di google doc. Kita dapat memberi info tentang skala yang kita buat di bagian help text

Contoh pembuatan pertanyaan Scale

 Checkbox digunakan apabila kita dapat memilih lebih dari satu pilihan yang disediakan.
Contoh Checkbox

Kalau pilihan yang kita sediakan dirasa terlampau banyak untuk ditulis dengan multiple choice, kita dapat menggunakan Choose from the list untuk menampilkan pilihan yang ada dengan menu drop-down

Choose from the list
Selain itu masih terdapat beberapa pilihan lain yakni:

  • Text: untuk memberi form isian berupa satu baris.
  • Paragraph: Untuk form isian yang lebih panjang. Misal berupa esay atau data alamat, motivasi dan sebagainya.
  • Grid: apabila kita ingin menampilkan pilihan berbentuk tabel. Bisa digunakan dalam bentuk tabel skala atau tabel pilihan.

Setelah selesai pilih save di kanan atas dan selanjutnya menyebarkan form tersebut. Untuk mendapatkan url atau link untuk mengisi kuesioner kita dapat memilih menu form lalu go to live form (kotak merah) atau kita bisa langsung mengirimnya via email (kotak biru).

Cara menyebarkan form
Nantinya hasil kuesioner tersebut akan langsung masuk di spreadsheet google doc sehingga memudahkan kita untuk mengolahnya.

Hasil dalam google doc
Kuesioner tersebut dapat diisi melalui browser atau juga dapat langsung disertakan dalam badan email. Pembuatan yang simpel, pengolahan hasil yang mudah dan penyebaran yang gampang. Hasil contoh kuesioner yang sudah jadi juga dapat dilihat disini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 komentar:

Happy's Blog mengatakan...

makasih infonya :)

Denny Nurd mengatakan...

Terima Kasih Atas Informasinya.. Buat kuesioner di web jadi lebih mudah..

Benny Fang mengatakan...

Thank's informasinya
perbanyak artikel" yang bermanfaat gan

salsabila yusri mengatakan...

cara ngelihat orang yg udah ngisi form gimana?

akademitelkom mengatakan...

bisa gak ya pada halaman kedua bisa dibedakan sesuai dengan pilihan halaman pertama.

Misal jika pilihan PRIA akan ada pertanyaan khusus PRIA.
Jika WANITA pilihannya khusus WANITA.