Senin, 15 Desember 2008

"Jangan cuma pintar tapi harus pintar-pintar"

Seucap saran Ayah ketika baru ku memasuki dunia kampus. Begitu bunyinya "Jangan cuma pintar tapi harus pintar-pintar". Intinya jangan hanya menjadi orang pintar yang apa adanya, tapi jadilah orang pintar yg ada apanya. Bingung? Hahaha, begini, untuk lebih jelasnya. Biasanya orang pintar hanya mempelajari semuanya sehingga bisa menjawab suatu hal ditanyakan padanya. Sedangkan orang yang "pintar-pintar", dia mencari tahu apa yang kira-kira orang tanyakan dan mempelajari cara untuk mejawab perkiraan pertanyaan tersebut, sehingga ketika ditanya, dia dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Kelihatan bedanya? Orang yang sekedar pintar akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajari semuanya. Sedangkan yang pintar-pintar, walaupun pada awalnya sedikit menghabiskan waktu untuk mencari informasi, tapi nantinya akan mempersempit wilayah yang dipelajari sehingga memepermudah hidup ini. Hehehehe.

Sedangkan pintar itu sekedar apa adanya, itu karena dia "hanya" menjawab semua hal yang ditanyakan. Sedangkan pintar-pintar itu ada apanya, itu karena dia bisa menjawab karena pada awalnya dia berbuat "apa-apa" yaitu mencari informasi.

Makanya di dunia ini yang lebih banyak sukses adalah orang yang pintar-pintar dibanding orang sekedar pintar belaka. Tak terhitung berapa banyak perusahaan yang mempunyai karyawan pintar padahal pemilik perusahaan tidak sepintar karyawannya. Orang-orang yang dikatakan pintar-pintar bisa sukses karena mereka tidak pasif. Entah mereka pintar-pintar cari teman, pintar-pintar cari informasi, pintar-pintar melihat peluang, dan sebagainya.


Ayah, hari ini kupetik buah dari saranmu itu. Pintar-pintar mencari informasi lebih penting dari sekedar mempelajari semuanya secara membabi buta ( udah babi, buta lagi).


Ya Allah, terima kasih karena telah mengirimku ke dunia melalui keluarga ini.

1 komentar:

febirhiana. mengatakan...

wahh naren.. blogmu sangat valuable sekalii.. banyak hal penting yang dibahas.

coba bandingkan dengan blog aku yg isinya sampah semua :p